Sabtu, 23 Juli 2016

3 Perkara Yang Membinasakan, Menyelamatkan, Meleburkan Dosa dan Pengangkat Derajat

TIGA PERKARA YANG MEMBINASAKAN, MENYELAMATKAN, MELEBURKAN DOSA DAN PENGANGKAT DERAJAT


عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ثَلاثٌ مُهْلِكَاتٌ، وَثَلاثٌ مُنَجِّيَاتٍ، وَثَلاثٌ كَفَّارَاتٌ، وَثَلاثٌ دَرَجَاتٌ
Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma , ia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama bersabda : “Ada tiga perkara yang membinasakan, ada tiga perkara yang menyelamatkan, ada tiga perkara yang meleburkan dosa dan ada tiga perkara yang meninggikan derajat.
فَأَمَّا الْمُهْلِكَاتُ : فَشُحٌّ مُطَاعٌ ، وَهَوًى مُتَّبَعٌ ، وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بنفْسِهِ.
Adapun tiga perkara yang membinasakan adalah Kekikiran yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti dan kekaguman seseorang terhadap dirinya sendiri.
وَأَمَّا الْمُنَجِّيَاتُ : فَالْعَدْلُ فِي الْغَضَبِ وَالرِّضَى، وَالْقَصْدُ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى، وَخَشْيَةُ اللَّهِ فِي السِّرِّ وَالْعَلانِيَةِ.
Adapaun tiga perkara yang menyelamatkan adalah bersikap adil ketika marah dan ridha, sederhana dalam masa kefakiran dan kecukupan, dan rasa takut kepada Allah di kala tersembunyi dan terang-terangan.
وَأَمَّا الْكَفَّارَاتُ : فَانْتِظَارُ الصَّلاةِ بَعْدَ الصَّلاةِ، وَإِسْبَاغُ الْوُضُوءِ فِي السَّبَرَاتِ، وَنَقْلُ الأَقْدَامِ إِلَى الْجَمَاعَاتِ.
Adapun tiga perkara yang meleburkan dosa adalah menunggu shalat setelah shalat, menyempurnakan wudhu’ di saat dingin, dan melangkahkan kaki menuju shalat jama’ah.
وَأَمَّا الدَّرَجَاتُ : فَإِطْعَامُ الطَّعَامِ ، وَإِفْشَاءُ السَّلامِ ، وَصَلاةٌ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ .
Dan adapun tiga perkara yang meninggikan derajat adalah memberikan makanan, menyebarkan salam dan menunaikan shalat malam di kala manusia tidur.” (Hadits Hasan, lihat Shahih al-Jaami’ no. 3045)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar